DOSA-DOSA PEMESAN GOFOOD I Channel 17+

Jumpa lagi kisanak.

Seorang penceramah agama, Dr. Erwandi Tarmizi MA, dalam salah satu ceramahnya mengatakan, bahwa memesan makanan via Go-food itu hukumnya haram. Alasannya, karena saat memesan makanan, ada driver Gofood mendapat manfaat dari harga makanan yang didiskon. Misalnya, harga makanan Rp.100 ribu, driver Gojek hanya membayar 85 ribu ke restoran. Sementara sebagai konsumen, kita tetap membayar 100 ribu.

“Jadi yang Rp.15.000 itu adalah riba,” ujar Wandi sang penceramah tersebut.

Kisanak, kita ikuti video ceramah Wandi…

Astagfirullah al-adzim, Kisanak,

Mengikuti logika Wandi, kita semua ini ternyata makhluk kotor dan penuh dosa. Sangat sering kita melakukan riba dengan memesan Gofood. Apalagi saat pendemi seperti ini, ketika restoran hanya boleh memesan makanan dengan sistem pesan antar.

Kadang kita juga membayar lebih dari tarif yang semestinya, dengan maksud memberikan tips kepada driver Gojek. Ternyata, bayaran lebih kita itu justru memperosokkan driver-driver Gojek itu ke jurang dosa dan nista.

Kisanak, menurut Wandi, kita semua adalah makhluk penuh noda, hanya Wandi saja yang bersih dan suci. Wandi ibarat bayi gembil yang tidak ada kesalahan padanya. Pipinya tembem dan matanya berbinar.

Sementara itu, kita yang suka memesan makanan melalui Gofood begitu nista di mata Wandi. Kisanak yang budiman, driver Gojek yang memberi makan anak-istrinya dengan susah-payah, dengan melayani jasa antar makanan ke konsumen ternyata juga berlumur dosa.

Maafin Baim, ya Allah. Maafin, Baim…

Kisanak yang budiman,

Jika Bung Karno dulu berkata revolusi belum selesai. Ketika mendengar ceramah Wandi, kita jadi tahu, ternyata yang belum selesai adalah proses evolusi. Mungkin saja Wandi termasuk orang yang proses evolusinya belum selesai, hingga ia mengeluarkan ceramah seperti itu.

Tapi Kisanak, sepertinya Wandi ini memang aneh, padahal gelar di depan namanya adalah Doktor. Entah dari mana si Wandi ini mendapat pelajaran. Kita juga gak tahu, gelar doktor yang ada di depan namanya dari universitas sebelah mana. Yang kita tahu pikirannya sempit seperti sedotan.

Kisanak, kita tinggalkan Wandi dengan wajah kleponnya. Kini kita ikuti ceramah ustad yang jenggotnya gondrong.

Kisanak, ustad ini mengatakan, orang yang memakai jersey Mancester United, sama saja memakai setan merah di badannya. Sebab klub asal Inggris itu dikenal dengan istilah Setan Merah atau Red Devil. Jadi memakai jersey Setan Merah dilarang dalam agama.

Mungkin ustad gondrong ini juga akan mengharamkan sambel setan, es pocong, atau hot dog karena ada kata dog-nya. Kita tidak tahu pendapat ustad ini tentang kue klepon yang bila digigit muncrat di dalam. Apakah hukumnya haram juga, karena muncrat, tetapi bukan muhrim.

Yang pasti Kisanak, mengkonsumsi kue putri salju juga sangat tidak dianjurkan. Sebab putri salju tidak pernah memakai jilbab.

Kisanak yang budiman,

Entah kenapa belakangan ini ustad-ustad datang ke forum pengajian dengan meninggalkan isi kepalanya di rumah. Pikiran yang seharusnya dibawa kemana-mana, mereka tinggalkan di lemari di dalam rumahnya. Ditaruh di bawah tumpukan gamis dan celana dalam.

Karena itu Kisanak, saat berceramah mereka berbicara seolah Islam itu agama yang ribet. Segalanya diharam-haramkan. Padahal pengharaman itu hanya tafsir mereka sendiri saja. Jadi yang sebetulnya ribet bukan ajaran agamanya, tetapi pikiran mereka yang kusut mirip kenur layangan.

Ustad-ustad jenis ini sama dan sebangun alirannya dengan ustad Zaenal Abidin, yang kemarin mencurigai syair lagu Balonku Ada Lima, sebagai usaha untuk mengajarkan anak-anak membenci Islam. Mereka berasal dari arus pemikiran Islam yang sama, dengan pemahaman Wahabi. Anehnya mereka diberi tempat untuk menjalankan ajarannya yang aneh itu di masyarakat Indonesia.

Kisanak yang budiman,

Bisa anda bayangkan jika Anda memesan klepon via Gofood, lalu memakannya dengan mengenakan jersey Setan Merah. Menurut Wandi dan gerombolannya, anda akan masuk neraka level 3. Di sana anda bukannya di bakar dengan api, tetapi cukup diolesi sambel saja. Itulah hukum bagi pendosa yang memakai jersey dan suka memesan Gofood.

Anda sedang berada di channel paling update seangkasa raya

Lemesin aja, Wandi…

Terima kasih.

Komentar