Eko Kuntadhi: SOMAD CERAI, KE MANA NENO I Channel17+

Jumpa lagi pemirsa.

Pemirsa, siapakah di antara Anda yang pernah bertanya, dimana Neno Warisman sekarang?

Saat ini mungkin hanya Tuhan yang tahu di mana Neno berada. Bahkan kabarnya, Neno sendiri juga tidak tahu di mana keberadaannya sekarang. Sama seperti kita.

Sejak puisinya yang fenomenal saat Pilpres kemarin, Neno memang seperti hilang tak berbekas. Ia mungkin sedang bersedih. Ternyata kenyataan yang terjadi tidak seperti yang dia bayangkan.

Padahal Neno memperkirakan, jika dalam Pilpres kemarin Jokowi memenangkan Pemilu, maka tidak ada lagi yang akan menyembah Tuhan. Tetapi, sayang disayang. Ramalan Neno tidak terbukti. Ternyata orang-orang tetap menyembah Tuhan.

Bahkan baru kemarin, orang beramai-ramai sholat tahajud sampai subuh di Monas. Pasukan 212 ini, sengaja mengelar ibadah di Monas untuk membantah prediksi Neno.

Artinya gerombolan 212 itu mau berkata, meski Jokowi menang Pilpres. Orang masih bebas beribadah. Adzan tetap bebas berkumandang. Bahkan Rizieq masih bisa melakukan video call dari Saudi.

Sayangnya Neno tidak hadir di acara tersebut untuk melihat kenyataan.

Sebetulnya, apa yang dialami Neno menyadarkan kita, bahwa dalam urusan politik dan Pemilu, janganlah terlalu gampang membawa-bawa nama Tuhan. Apalagi sampai mengancam segala.

Tapi menurut pembela Neno, sebetulnya apa yang disampaikan Neno dalam puisinya itu gak terlalu salah. Kenapa Tuhan masih tetap disembah, padahal Prabowo kalah Pilpres?

Jawabannya karena Prabowo kini diangkat menjadi Menteri Pertahanan dalam kabinet Jokowi. Karena pengangkatan itulah, Tuhan masih disembah di Indonesia ini. Dengan kata lain, tujuan pemerintah mengangkat Prabowo dalam kabinetnya, agar rakyat Indonesia tidak berubah jadi atheis.

Pemirsa. Berita kedua kali ini mengenai perceraian Abdul Somad.

Penceramah agama sekaligus penerjemah buku penuh nasihat, berjudul ‘Saat Rumah Tangga Diambang Kehancuran : 25 Sebab Perusak Keluarga’ ini dikabarkan telah menceraikan istrinya, Mellya Juniarti.

Sebetulnya soal perceraian bukan hal yang luar biasa. Hampir setiap hari pengadilan agama dipenuhi pasangan yang ingin bercerai. Artinya soal perceraian bukan menjadi isu menarik untuk dibahas.

Perceraian memang menjadi gossip menarik para artis dan pesohor di Indonesia. Apalagi perceraian Somad.

Memang tidak heran pemirsa. Somad adalah penceramah yang hobi mengharam-haramkan apa saja. Bahkan, Somad mengharamkan menonton Drama Korea. Somad juga mengharamkan bermain catur.

Karena hobi mengharam-haramkan itulah, bisa saja, istri yang tadinya halal bagi Somad kini juga diharamkan…

Pemirsa.

Berita ketiga menyangkut soal politik. Seorang penceramah agama bernama Jafar Shodiq Allatas yang sering mengobarkan kebencian, baru-baru ini ditangkap polisi. Dalam salah satu ceramahnya, Jafar Shodiq Allatas menyebut wakil Presiden Kyai Maruf Amin sebagai bab (tittttt….)

Untung saja, Kyai Maruf memberikan maaf kepada Shodiq. Meskipun sudah dikatai dengan sebutan Bab(tittttt…)

Kita sepakat dengan langkah Kyai Maruf untuk memaafkan Shodiq.

Sebab sebagai manusia kita tidak mungkin mempermasalahkan omongan Bab(tiiittt…) yang disebutkan oleh seekor Bab(titttt….)

Komentar